Sektor Pertanian Desa Kalianyar

Sektor pertanian memegang peran besar dalam perekonomian pedesaan, hal tersebut terjadi karena sebagian besar masyarakatnya masih berkecimpung dibidang pertanian baik sebagai petani, buruh tani, atau memiliki usaha agro industri baik skala rumahan atau tingkat menengah keatas. begitu pula yang terjadi di desa Kalianyar Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Komoditas pertanian Desa kalianyar beragam mulai dari tanaman pangan, perkebunan, hortikultura dan tanaman hias. Tanah yang masih subur menjadikan komoditasnya lebih bervariasi karena minimnya batasan dan secara umum dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Tanaman pangan yang sering budidayakan di lahan sawah petani yaitu padi dan kedelai. Jenis padi yang ditanam bervariasi namun yang lebih sering dibudidayakan jenis IR64, sedangkan jenis jagung yaitu jagung hibrida dari berbagai varietas. Kedelai meliputi kedelai lokal atau kedelai hasil rekayasa genetik (Edamame) yang saat ini cukup  popular di masyarakat. Tingginya harga jual kedelai edamame dan sistem mitra bersama pengepul atau pabrikan menjadikan kedelai edamami terasa lebih menguntungkan menjadikan tingginya minat masyarakat untuk menanam kedelai edamame tersebut.

Tanaman perkebunan yaitu tembakau (Tobacco) merupakan bahan utama pembuatan rokok atau cerutu bahkan dapat dijadikan sebagai bahan obat-obatan. Tembakau dapat dengan mudah kita temui pada lahan persawahan tepi jalan khususnya saat musim tembakau, dimana waktu tanam dimulai pada bulan mei dan panen pada bulan september atau dengan rentan waktu budidaya selama 4 bulan. Komoditas perkebunan lain yaitu Kakao, ditanam disebuah tanah lapang dengan kisaran luas yang tidak begitu besar atau biasa disebut sebagai perkebunan rakyat.

Tembakau Na-oogst atau lebih dikenal sebagai tembakau cerutu merupakan jenis tembakau yang dibudidayakan di Desa kalianyar. Banyaknya pabrik agro industri cerutu memudahkan rantai pasok komoditas tembakau tersebut. Harga jual komoditas ini lebih tinggi dibanding komoditas pertanian lain bahkan hingga mencapai 2x lipat begitu ucap salah satu petani responden. Secara umum sektor pertanian di kecamatan tanaman memiliki karakteristik yang hampir sama antar desa. Dalam setahun pada suatu lahan sawah terdapat 3 musim tanam yaitu padi, palawija, padi.

Home

Sektor Pertanian Desa Kalianyar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar