POTENSI DESA KALIANYAR

Produk genteng desa Kalianyar yang siap untuk dipasarkan (Foto oleh Achmed Chaidar Zusyam, 2018). Ada lebih dari 100 industri genteng jenis tanah liat di desa Kalianyar. Genteng diproduksi secara manual menggunakan bantuan alat cetak.  Mulai dari proses cetak, penjemuran dan pembakaran menghabiskan waktu kurang lebih 1 minggu. Genteng dijual dengan kisaran harga Rp. 500, untuk pembelian konsumen bisa langsung mendatangi tempat produksi.

Home Industry tahu di desa Kalianyar  (Foto oleh Achmed Chaidar Zusyam, 2018). Tahu merupakan salah satu produk unggulan desa Kalianyar, tepatnya di dusun Tahuan. Tahuan, di dusun ini hampir setiap rumah memproduksi tahu, produk yang dijual berupa tahu mentah dan tahu goreng. Cakupan pemasaran tahu desa Kalianyar mulai dari luar desa hingga luar kota.

Pesona kolbuk (Foto oleh Achmed Chaidar Zusyam, 2018). Kolbuk merupakan sumber air yang terletak di dusun Krajan, melalui inisiatif kelompok pemuda desa dibantu dengan swadaya masyarakat,  tempat ini diubah menjadi kolam tampungan air. Kolbuk menjadi destinasi pelepas penat warga setempat, juga wahana bermain anak-anak. Beberapa  aktivitas yang bisa dilakukan di Kolbuk yaitu berenang, memancing atau sekedar menikmati kilau pantulan sinar matahari di permukaan kolam dengan suasana yang asri. Tidak ada harga tiket masuk untuk beraktivitas disana, cukup dengan tidak merusak properti dan menjaga kebersihan kolbuk.

Batu katak (Foto oleh Achmed Chaidar Zusyam, 2018). Batu yang terletak di antara perkebunan bakau ini jika diperhatikan bentuknya menyerupai katak. Bentuk batu yang unik dan pemandangan hijau menjadikan tempat ini sebagai salah satu spot menarik bagi pecinta fotografi dengan nuansa alam. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya, sehingga tidak perlu berjalan cukup lama untuk mengakses batu katak.

Home

Kami Punya Potensi Lo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar